Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Perilaku Terpuji & Tercela



PERILAKU TERPUJI

Perilaku yang dirido'i oleh Allah dan dapat pahala bagi yang melakukannya, contoh perilaku terpuji antara lain : 

Persatuan
adalah kumpulan individu manusia yang bersatu atau menjadi satu,  Allah menyuruh umat manusia untuk bersatu dan melarang bercerai berai : 

وَٱعۡتَصِمُواْ بِحَبۡلِ ٱللَّهِ جَمِيعٗا وَلَا تَفَرَّقُواْۚ وَٱذۡكُرُواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ عَلَيۡكُمۡ إِذۡ كُنتُمۡ أَعۡدَآءٗ فَأَلَّفَ بَيۡنَ قُلُوبِكُمۡ فَأَصۡبَحۡتُم بِنِعۡمَتِهِۦٓ إِخۡوَٰنٗا وَكُنتُمۡ عَلَىٰ شَفَا حُفۡرَةٖ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنۡهَاۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمۡ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَهۡتَدُونَ ١٠٣
Artinya :
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk (S. Ali Imron 3 : 103).

Kerukunan
Menurut KB ( kamus besar B. Indo ) kerukunan adalah perihal hidup rukun, rasa rukun, kesepakatan. Sedangkan arti rukun adalah Baik dan Damai, bersatu hati dan sepakat.  Kerukunan merupakan modal utama untuk terwujudnya ketentraman, kedamaian, dan kesejahteraan bersama sedangkan perselisihan merupakan penyebab datangnya berbagai kerugian dan bencana. 

Kamus Istilah 
  • Materi berupa kebendaan 
  • Spiritual bersifat kerohanian 
  • Tasamuh berarti Toleran, lapang dada atau tenggang rasa atau sikap tidak keberatan dengan orang lain yang berbeda pendapat dan menghormati perbedaan - perbedaan tersebu


PERILAKU TERCELA
Perilaku yang dimurkai oleh Allah dan apabila dilakukan pelakunya mendapatkan dosa dan dinilai negatif oleh masyarakat. Conto perilaku Tercela : 

Isrof 
artinya melampaui batas orang yang berbuat isrof disebut musrif bentuk jamaknya musrifin. secara istilah isrof adalah mempergunakan sesuatu dengan melewati batas-batas yang patut menurut ajaran islam dan termasuk perilaku tercela dan tidak disenangi oleh Allah sebagaimana firmannya : 

وَهُوَ ٱلَّذِيٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٖ مَّعۡرُوشَٰتٖ وَغَيۡرَ مَعۡرُوشَٰتٖ وَٱلنَّخۡلَ وَٱلزَّرۡعَ مُخۡتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيۡتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُتَشَٰبِهٗا وَغَيۡرَ مُتَشَٰبِهٖۚ كُلُواْ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثۡمَرَ وَءَاتُواْ حَقَّهُۥ يَوۡمَ حَصَادِهِۦۖ وَلَا تُسۡرِفُوٓاْۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلۡمُسۡرِفِينَ ١٤١
Artinya :
Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan QS. Al An’am 6 : 141

Tabzir  
Artinya pemborosan, orang yang melakukan pemborosan disebut mubazzirin. sedangkan secara istilah tabzir adalah membelanjakan harta yang tidak pada tempatnya. 

Ghibah 
Artinya Mengumpat sedangkat yang diumpat tidak ada ditempat atau tidak mendengakan langsung, secara istilah ghibah adalah membicarakan, menyeritakan atau menyebut aib atau kejelekan orang lain kepada orang lain.   

Fitnah artinya kabar bohong tentang aib atau keburukan orang lain Fitnah sangat berbahaya dan bahayanya lebih besar dari pada pembunuhan sebagaimana firman Allah :


يَسۡ‍َٔلُونَكَ عَنِ ٱلشَّهۡرِ ٱلۡحَرَامِ قِتَالٖ فِيهِۖ قُلۡ قِتَالٞ فِيهِ كَبِيرٞۚ وَصَدٌّ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ وَكُفۡرُۢ بِهِۦ وَٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ وَإِخۡرَاجُ أَهۡلِهِۦ مِنۡهُ أَكۡبَرُ عِندَ ٱللَّهِۚ وَٱلۡفِتۡنَةُ أَكۡبَرُ مِنَ ٱلۡقَتۡلِۗ217  

Artinya :

Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan Haram. Katakanlah: "Berperang dalam bulan itu adalah dosa besar; tetapi menghalangi (manusia) dari jalan Allah, kafir kepada Allah, (menghalangi masuk) Masjidilharam dan mengusir penduduknya dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) di sisi Allah. Dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya) daripada membunuh (QS. Al Baqoroh : 217).
 
Kamus Istilah 
  • Kafir kitabi : orang kafir yang mempunyai kitab suci dari Allah tapi sudah dimansukh (tidak berlaku) karena telah diganti Al Qur'an. 
  • Kafir Dahri : Orang kafir yang mempercayai azali dan kekalnya masa, keadaan. 
  • Kafir Zindik : Orang kafir yang mempercayai kerosulan Muhammad tetapi menyebunyikan dengan maksud untuk menentang atau merusak islam. 
Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

Posting Komentar