Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Perkembangan Islam Di Dunia



Islam lahir dari wilayah asia barat tepatnya dikota suci makkah, Arab Saudi pada abad ke 7 Masehi.
Berdasarkan data pada tahun 1990, negara -negara di Asia yang penduduknya mayoritas beragama islam adalah : Brunei Darussalam, Indonesia, Irak, Iran, Kuwait, Pakistan, Qatar, Suriah, Turki, Yaman, Oman, Palestina, Turmenistan, Azerbaijan, Kirghistan, Malaysia, Tadzikistan dan Uzbekistan.

Islam di Asia
Pakistan 
Terletak di asia selatan jumlah penduduk muslim Pakistan adalah 97 % dari seluruh jumlah penduduk ibu kotanya Islamabad dan mata uangnya rupee. Budaya keilmuwan Republik islam pakistan telah melahirkan sejumlah ilmuwan muslim yang bertaraf International, antara lain :
1. Muhammad Iqbal
2. Abu A'la Al-Maududi
3. M.M Syarif
4. C.A. Qadir
5. Dr. Abdus Salam
6. Fazlur Rohman.

Islam di Benua Eropa 
Islam masuk benua eropa melalui 4 periode :

  1. Periode kekholifahan Islam di Spanyol selama 8 Abad.
  2. Periode adanya penyebaran tentara mongol pada abad ke 13, yakni dinasthi khan beragama Islam.
  3. Periode ekspansi kekhalifahan Turki Usmani sekitar abad 14 - 15m.
  4. Periode kaum emigran muslim memasuki benua eropa setelah perang dunia 2 (dua), terutama ke negara - negara Industri Seperti : Prancis, jerman, Inggris, Belanda dan belgia.

Spanyol 
Kaum muslim Spanyol terdiri dari keturunan umat islam yang terusir pada peristiwa Reqonquista (492 M), kaum imigran pencari kerja yang tinggal sementara atau menetap di Spanyol, tahun 1990 jumlah kaum muslim 250.000. 
Prancis 
Jumlah penduduk  muslim di Prancis kurang lebih 7 % dari total penduduk. 

Islam di Benua Afrika 
Islam masuk ke Afrika sejak Rasululloh masih hidup, tepatnya pada tahun ke 5 kenabian rosululloh memerintahkan beberapa sahabatnya yang berjumlah 15 Orang untuk berhijrah ke Habsyi ( Ethiopia ) dan pada tahun 6 H Rasululloh menyampaikan Surat Dakwah ( untuk masuk Islam ) kepada Muqauqis penguasa Mesir Gubenur Romawi Timur, selain itu perluasan islam juga dilakukan melalui ekspansi wilayah kekuasaan islam. Yang dimulai sejak Umar bin Khotob menjadi kholifah ( 633 - 644 M / 13 - 23 H ). 
Di Benua Afrika terdapat banyak negara yang penduduknya Mayoritas umat Islam, seperti : Mesir, Libya, Tunisia, Aljazair, Maroko, Sahara Barat, Mauritania, Mali, Nigeria, Senegal, Gambia, Guinea, Somalia, Sudan. Sedangkan negara - negara dibenua Afrika yang umat islamnya minoritas adalah Zambia, Uganda, Mozambique, Kenya, Congo, Afrika Selatan. 
Mesir 
Disebut juga "Jumhuriyah Misr Al Arabiyah" Jumlah umat islam di mesir 90 % dari seluruh penduduk, Mesir adalah negara yang besar jasanya bagi kemajuan umat Islam dibidang Ilmu Pengetahuan, pendidikan dan kebuadayaan. hal ini ditandai dengan didirikannya Universitas Al Azhar di Kairo oleh Jauhar Al Khatib As Saqili pada tanggal 7 Romadlon 361 H ( 22 Juni 972 M ).
Aljazair 
Terletak di Afrika Utara, penduduknya yang beragama Islam 99,1 % dari seluruh Ppnduduk.
Tunisia 
Penduduknya yang beragama Islam 99,4 %. Tunisia aktif dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Islam di Benua Australia dan Pasififik 
Islam masuk ke benua ini dibawa oleh imigran setelah perang dunia I dan II mereka berasal dari Turki, Mesir, Negara Timteng dan Balkan, bahkan ada yang dari Pakistan, India dan Indonesia. 


Kepala Madrasah di MA PPKP Darul Ma'la

3 komentar

  1. Luar biasa, monggo kawan yang lain
    1. Tq pak... muda - mudahan bermanfaat
    2. Unknown
      Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.